Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Antena TV Digital yang Bagus 2022

Hadirnya kebijakan migrasi dari TV analog ke TV digital belum lama ini di Indonesia,  membuat masyarakat mulai mencari antena TV digital. Namun ketika disuguhi begitu banyak merk, konsumen pun bingung memilih antena TV digital yang bagus, Toyosaki, SANEX, PX, OASE, atau merek lainnya?

3 Tips Pakai Antena TV Digital yang Bagus



Antena TV digital merupakan perangkat tambahan yang digunakan untuk menangkap sinyal digital siaran TV. Dengan dipasangnya perangkat ini, kualitas tayangan lebih jernih dan suara menjadi jelas.

Kelebihan utama antena TV digital adalah daya jangkaunya yang luas. Sehingga saluran televisi menjadi lebih banyak. Dengan Antena TV digital, menonton televisi digital juga televisi analog kini bisa bergantian, karena antenanya dapat menangkap frekuensi UHF dan VHF .

Agar tayangan televisi lebih jelas dan jernih, jangan asal pilih antena! Ikuti beberapa tips memilih antena TV digital yang bagus di bawah ini:

1. Penempatan antena sesuai kebutuhan

a. Antena Indoor

Antena indoor memiliki bentuk compact, sehingga posisinya mudah disesuaikan untuk mendapatkan gambar yang jelas. Ditambah lagi  pemasangannya yang cukup mudah, tinggal colokkan ujung kabel antena ke TV.

Selain itu, Antena jenis ini juga lebih aman dari sambaran petir, serta harganya yang ekonomis. Bisa jadi, karena ukuran kabel lebih pendek dari antena outdoor.

Sudah hukum alam, dimana ada kelebihan, maka akan ada kekurangan yang menyertai. Antena indoor terkadang tidak bisa menangkap semua saluran televisi. Pengaturan posisi antena sering menjadi hal yang dilematis.

Contohnya: di posisi A, satu saluran televisi terlihat jernih, tetapi saluran yang lain buram. Hal yang sama akan berulang ketika posisi dipindah, akan ada saja saluran yang buram.

b. Antena Outdoor

Kelebihan antena ini adalah tak perlu lagi mengatur posisi antena, dan kualitas gambar yang lebih jernih. Dengan antena outdoor, akan lebih banyak saluran televisi yang dapat ditangkap. Cukup sesuai dengan harga antena yang lebih mahal dari antena indoor.

Oleh karena antena outdoor dipasang di atap rumah, pemasangan antena jenis ini cukup repot. Selain itu, ketika posisi kurang pas dan saluran tidak begitu jernih, posisi antena tidak bisa dipindahkan dengan mudah. Oleh karena itu, ketika pemasangan antena dilakukan, nyalakan TV dan cek kejernihan siaran.

2. Sesuaikan Ukuran Antena Dengan Jenis TV 

Hal ini agar bisa menikmati tayangan dengan maksimal. Berikut jenis-jenis TV:

a. TV LED atau LCD 

Tampilan TV yang lebih modern menjadi salah satu alasan TV jenis ini dipilih banyak keluarga. Kekurangan TV ini adalah tidak mudah menangkap sinyal, sehingga cocok menggunakan antena berukuran sedang dan besar agar mudah menjangkau sinyal.

b. TV Tabung

TV tabung merupakan produk lama,  namun kualitas tampilan layar tidak kalah dari TV LED atau pun LCD. Karena hal ini juga,  harga TV ini jauh lebih ekonomis. TV tabung dapat menangkap sinyal dengan baik, Sehingga bisa menggunakan antena kecil. 

3. Kabel coaxial

Kabel coaxial merupakan penentu kualitas antena yang berfungsi sebagai jaringan penghubung transmisi antara antena dan TV. Pilih kabel coaxial impedans 75 ohm, untuk kualitas gambar yang makin baik.

4. Booster

Booster adalah alat penguat sinyal agar tayangan yang diterima antena makin jelas. Booster dapat digunakan untuk beberapa televisi, tanpa mengurangi kualitas tayangan. 

Rekomendasi Antena TV Digital 



Berdasarkan poin-poin pemilihan antena diatas, berikut beberapa rekomendasi antena TV digital terbaik: 

1. Antena TV Digital DGSANEX SN-889

Antena buatan anak Indonesia ini diklaim awet sampai 15 tahun, karena terbuat dari aluminium berkualitas tinggi. Selain kuat menangkap sinyal dengan impedans 75 ohmnya, antena ini pun mudah dipasang karena panjang batangnya 95 cm. Juga dilengkapi kabel 10 meter.

2. Digital Antenna Indoor/Outdoor/Anti UV Arashi ADA-1003

Antena ini dapat dipasang di dalam dan luar ruangan, ditambah built-in amplifier untuk menstabilkan sinyal. Produk hemat energi ini hanya membutuhkan daya sebesar 3 watt.

3. 25DB 4K Antena TV DVB-T2 Smartfish Digital Indoor

Jika hanya ingin menonton siaran digital lokal, antena indoor ini jawabannya. Meski demikian, sinyalnya kuat hingga jarak 50 mil. Harganya yang ekonomis tidak menghalangi merk ini memberikan paket lengkap berupa satu unit antena dan jack antena dalam kemasan.

Merupakan hal yang wajar jika konsumen ingin tahu segala sesuatu mengenai produk yang akan dibelinya. Oleh karena itu artikel ini hadir, untuk membantu konsumen mengetahui lebih jauh tentang antena TV digital yang bagus, sehingga tidak bingung lagi dalam menentukan pilihan ketika akan membeli.

Posting Komentar untuk "3 Antena TV Digital yang Bagus 2022"