Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Facebook Ganti Nama Menjadi Meta, Publik Perlu Tahu Ini !

Alasan Facebook Ganti Nama Menjadi Meta, Publik Perlu Tahu Ini !

Facebook sebagai media sosial paling terkenal besutan Mark Zuckerberg ini telah resmi berganti nama untuk kedepannya menjadi Meta Platform inc. Alasan Facebook ganti nama tentu tidak terlepas dari perkembangan media sosial yang lebih baik untuk kedepannya.

Alasan Facebook Ganti Nama Menjadi Meta

Menurut Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook, nama Meta ini lebih dipilih karena mempunyai perkembangan masa depan yang baik di jagad media sosial. Apalagi beberapa waktu belakangan memang ada sederet berbagai masalah dalam perkembangan media sosial.

Mark Zuckerberg juga berharap dengan adanya rebranding ini bisa memperkuat posisi dan peringkat media sosial besutannya di jagad internet dan sosial media.

"Jadi kami melihat sisi bisnis kami sebagai dua segmen yang berbeda. Satu untuk aplikasi sosial dan satu lagi untuk platform masa depan. Idenya adalah Metaverse yang kami lakukan bukanlah tentang salah satu dari segmen tersebut. Metaverse akan menjadi platform masa depan dan pengalaman sosial," Dikutip dari CNN yang dilansir dari The Verge.

Untuk membangun sebuah rebranding menjadi Metaversi ini, Mark bahkan dikabarkan telah mengucurkan dana sampai 10 Milyar Dollar. Atau setara dengan Rp 141 triliun, ini tentu demi perkembangan brand yang lebih besar lagi nantinya.

"Saya pikir pada dasarnya kami untuk pertama kali bergerak dari Facebook sebagai sebuah perusahaan menjadi Metaverse," Kata Mark Zuckerberg.

Secara detail memang Mark Zuckerberg tidak menjelaskan mengenai detail rebranding ini. Namun kedepannya, sistem yang sedang dibangun ini akan menjangkau seluruh perusahaan aplikasi sosial media.

Alasan Facebook Ganti Nama Menjadi Meta, Publik Perlu Tahu Ini !


Mark Zukcerberg dulunya juga sempat berpikir untuk melakukan rebranding semenjak membeli platform Whatsapp dan Instagram pada tahun 2012 dan 2014 silam. Namun baru bisa yakin tahun ini dan telah resmi mengutarakannya di rilis tahunan The Connect.

Mark Zuckerberg memang mengklaim bahwa kata Metaverse ini sebagai ide Utopis untuk memperkenalkan barang dan jasa virtual, yang awalnya memang mempunyai asal usul dan arti "Penipu".

Rebranding pada perusahaan besar tentu tidak hanya dilakukan oleh Facebook saja. Perusahaan seperti raksasa Google juga telah mendahalui dengan nama Alphabet inc sebagai perusahaan induknya.

Tentu perubahan nama yang sekarang ini dilakukan Facebook mempunyai banyak tujuan sesuai visi kedepannya. Apalagi Facebook ini ikonik, dan bahkan hampir semua pengguna internet mengenal yang namanya Facebook. Terlebih mempunyai tujuan yang lebih tinggi dan lebih fungsional.

"Facebook adalah merek media sosial yang ikonik. Dan semakin kami melakukan lebih dari itu, orang-orang menganggap kami sebagai perusahaan media sosial. Tetapi cara kami berpikir adalah bahwa kami merupakan perusahaan teknologi yang membangun teknologi untuk membantu orang terhubung satu sama lain."

"Kami pikir itu membuat kami berbeda dari perusahaan lain karena semua orang mencoba untuk bekerja pada bagaimana orang berinteraksi dengan teknologi, di mana kami membangun teknologi sehingga orang dapat berinteraksi satu sama lain," Kata Zuckerberg.

Alasan Facebook ganti nama menjadi Meta ini tentu mengagetkan jagad pengguna media sosial bagi yang belum mengetahui alasan dan latar belakangnya.

Sumber : CNN

Posting Komentar untuk "Alasan Facebook Ganti Nama Menjadi Meta, Publik Perlu Tahu Ini !"