Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen

Entah sengaja atau tidak sengaja, pasti Anda pernah menghapus foto baik yang ada di komputer maupun ponsel. Padahal kenangan foto tersebut mungkin sangat indah untuk Anda lupakan. Bahkan merupakan salah satu momen yang paling penting dalam hidup Anda. Ada salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus secara permanen untuk Anda yang secara tidak sengaja kehilangan foto terpenting dalam hidup Anda.

Kebanyakan orang akan mengira, bahwa foto yang terhapus ini akan hilang selamanya. Sebenarnya tergantung menggunakan penyimpanan jenis apa yang Anda gunakan untuk menyimpan foto. Kalau Anda mempunyai cadangan online, misalnya menggunakan Google Drive, tentu masih aman. Tapi bagaimana kalau tidak mempunyai cadangan online ?

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen Baik Menggunakan Flashdisk, Laptop dan Ponsel Android

Berbagai penyimpanan foto sekarang ini bisa Anda gunakan. Misalnya saja memori eksternal, flashdisk, hardisk eksternal maupun penyimpanan ponsel. Penyimpanan ponsel saja sekarang ini juga terbilang cukup besar. Bahkan ada juga ponsel yang mempunyai internal lebih dari 100 Gb.

Berikut cara lengkap untuk mengembalikan kembali berbagai foto dan file yang terhapus secara permanen.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen Menggunakan Laptop dan Komputer

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen

Komputer maupun laptop sekarang ini ada berbagai sistem operasi. Namun yang paling banyak digunakan dan merupakan sistem operasi termudah adalah windows. Windows ini telah Ada berbagai generasi dari awal kemunculannya.

Sekarang ini jika secara tidak sengaja Anda menghapus file dan foto yang ada di dalam hasrdisk, Anda bisa menggunakan fitur recycle bin.

Fitur ini merupakan penampung sampah, jadi setiap file yang telah Anda hapus sebelumnya memang tidak akan terhapus selamanya sebelum menghapusnya bia recycle bin ini.

Baik windows dan sistem operasi linux, semua mempunyai fitur dalam mengakses reciycle bin. Di dalam file recycle bin ini, semua sampah baik file apapun mampu untuk dikembalikan seutuhnya.

Jika memang sangat diperlukan kembali bisa juga Anda ambil satuan menurut Anda yang paling penting saja.

Restore Foto Menggunakan Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen

Kalau Android sendiri tidak ada yang namanya recycle bin. Namun jika memang ada file foto yang terhapus, Android ini mempunyai file cache. Menggunakan file cache yang ada di file manager, Anda bisa mencarinya pada thumbnail.

Thumbnail merupakan icon dari berbagai file gambar. Anda bisa melihatnya kembali, walaupun memang kualitasnya telah turun menjadi file ico dan png.

Mengembalikan FIle yang Terhapus di Flashdisk

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen

Jika Anda tidak sengaja menghapus foto yang ada di Flashdisk, sebenarnya Anda juga bisa mengembalikannya. Berikut caranya,

  • Karena kebanyakan menggunakan windows, maka kita akan menggunakan laptop dan komputer dengan OS windows.
  • Koneksikan flashdisk dengan laptop maupun komputer.
  • Buka aplikasi cmmand promt, atau lebih mudahnya tekan tombol windows bersamaan dengan tombol R.
  • Kemudian ketikkan CMD lalu tekan enter.
  • Setelah terbuka ketikkan perintah C:windowssystem32cmd.exe
  • Maka akan tampil direktori folder yang ada di flashdisk.
  • Untuk mengembalikan foto yang terhapus, gunakan perintah ATTRIB*.*-S-H-R/S/D lalu tekan enter.
  • Kalau memang data belum semuanya kembali, gunakan perintah ini dan tekan enter ATTRIB(spasi-R(spasi)-A(spasi)-S(spasi)-H(spasi)*.*(spasi)/S(spasi)/D(spasi)/L.
  • Maka semua file akan kembali dan terlihat di flashdisk Anda.

Cara ini tidak hanya bisa mengembalikan foto yang terhapus saja, bahkan file lain yang hilang maupun tersembunyi juga akan langsung tampil kembali.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen"